Analisis SWOT
“Perusahaan Amanda Brownies Kukus”
Brownies kukus Amanda merupakan suatu produk yang berasal dari Bandung yang semula hanya mengandalkan produksi “Brownies Kukus Original’/Chocolate”, sekarang telah memproduksi Brownies kukus dengan rasa yang beraneka ragam guna mengikuti perkembangan pasar dan selera konsumen.
A. Kekuatan (Strength) dan Kelemahan
(Weaknesses) Amanda Brownies.
Analisis kekuatan
(streght) dan kelemahan (weakneses) suatu organisasi atau bisnis bertujuan
untuk mengidentifikasi factor internal (dalam) yang mempengaruhi
keberlangsungan dari bisnis yang dijalankan.
Analisis kekuatan
(streght) dan kelemahan (weakneses) Amanda Brownies adalah sebagai berikut:
1. Strength (Kekuatan)
Strength adalah situasi atau kondisi yang merupakan
kekuatan dari organisasi atau program yang bersifat internal.
Kekuatan
yang dimiliki toko Amanda Brownies adalah sebagai berikut:
a. Fasion
Amanda Brownies
memiliki fasion yang menarik dab unik sehingga membuat orang – orang ingin
merasakan produnya.
b. Konsistensi
dan Inovasi
Amanda Brownies hanya menyediakan satu macam jenis kue
yaitu “Brownies” namun dengan inovasi rasa yang berbeda sehingga akan
menjadi ciri khas produk ini dan membuat konsumen lebih tertarik untuk mencoba
dan membeli.
c. Rasa
“Amanda Brownies” mempunyai banyak pilihan rasa dengan
harga yang cukup terjangkau bagi kalangan menegah ke atas.
d. Lokasi
strategis
Lokasi “Amanda Brownies” letaknya sangat strategis
sehingga mudah dijangkau oleh konsumen, baik itu dengan kendaraan pribadi
maupun kendaraan umum.
e. Kemasan
“Amanda Brownies” menggunakan kemasan yang bercorak
dan menarik yang berbeda-beda untuk setiap rasa, sehingga menambah nilai
“prestigious” dari produk ini.
f. Delivery
Order
Terdapat layanan delivery order sehingga
konsumen dari berbagai kota dapat memesan produk ini, namun dengan tambahan
biaya pengiriman.
2. Weaknesses (Kelemahan)
Weaknesses
adalah kegiatan-kegiatan perusahaan yang tidak berjalan dengan baik atau sumber
daya yang dibutuhkan oleh perusahaan tetapi tidak dimiliki oleh perusahaan.
Kelemahan itu terkadang lebih mudah dilihat daripada sebuah kekuatan, namun ada
beberapa hal yang menjadikan kelemahan itu tidak diberikan solusi yang tepat
karena tidak memaksimalkan kekuatan yang sudah ada.
Kelemahan
yang dimiliki toko Amanda Brownies adalah sebagai berikut:
a. Produk hanya
satu jenis
Produk yang ditawarkan hanya satu jenis, hal ini dapat
menjadi kekuatan dari bisnis ini, namun juga dapat menjadikan kelemahan, jika
selera konsumen terus berubah, bukan tidak mungkin produk ini akan di
tinggalkan dan beralih ke produk lain yang lebih inovasi.
b. Toko
terbatas pada kota besar
“Amanda Brownies” bukan merupakan bisnis waralaba,
jadi tidak setiap kota terdapat outlet/toko, cabang “Amanda Brownies” hanya di
buka di kota-kota besar.
c. Masa expired
singkat
Brownies ini mempunyai masa expired yang
relatif singkat yaitu sekitar 4 hari pada suhu kamar dan maksimum 1 minggu jika
disimpan di lemari pendingin (kulkas).
d. Harga
Harga Brownies yang kurang ekonomis, sehingga yang
menikmatinya hanya kalangan menengah keatas.
B. Peluang (Opportunity) dan Ancaman
(Threat) Amanda Brownies
Analisis peluang
(opportunity) dan ancaman (threat) suatu organisasi atau bisnis bertujuan untuk
mengidentifikasi factor eksternal/lingkungan yang mempengaruhi
keberlangsungan dari bisnis yang dijalankan.
1. Opportunities (Peluang)
Opportunity
adalah faktor positif yang muncul dari lingkungan dan memberikan kesempatan bagi
perusahaan untuk memanfaatkan. Opportunity tidak hanya berupa kebijakan atau
peluang dalam hal ini mendapatkan modal berupa uang, akan tetapi bisa juga
berupa respon masyarakat atau isu yang diangkat.
Peluang yang
dimiliki toko Amanda Brownies adalah sebagai berikut:
a. Selera
Toko Amanda Brownies memproduksi brownies kukus dengan
rasa beraneka ragam, Selain itu inovasi rasa ini juga dimaksudkan untuk
membidik/menarik semua segmen pasar Sehingga toko “Amanda Brownies” menjadikan
selera masyarakat sebagai peluang untuk mendapatakan lebih banyak profit.
b. Persaingan
Melihat
dari persaingan peluang bisnis ini akan sangat menjanjikan sekali, hal ini
karena saingan untuk usaha ini bisa dikatakan belum banyak.
2. Threats (Ancaman)
Threats
adalah factor negative dari lingkungan yang memberikan hambatan bagi
berkembangnya atau berjalannya sebuah perusahaan.
Ancaman utama yang dihadapi Amanda Brownies berasal
dari competitor (pesaing) produk yang sejenis yaitu kue dan ataupun
makanan.
Beberapa
ancaman tersebut adalah:
a. Keadaan
Tempat
karena
Brownies berada di kota – kota besar sehingga setiap tahunnya semakin banyak pendatang di kota – kota tersebut, hal
ini membuat bisnis makanan mempunyai prospek yang kurang baik.
b.
akan banyak pihak lain yang akan meniru
usaha kita ini, hal ini tentu akan membuat saingan yang baru bagi kita
c.
Adanya oko-toko kue tradisional yang ada di masyarakat
dengan harga yang terjangkau untuk kalangan menengah kebawah.
why not try here hair toppers,cheap wigs human hair,human hair toppers,cheap wigs human hair,Lace Wigs,hair pieces for women,hair pieces for women,costume wigs,wigs online go to the website
BalasHapus