Sabtu, 02 November 2013

Analisis SWOT “Perusahaan Amanda Brownies Kukus”





Analisis SWOT

“Perusahaan Amanda Brownies Kukus”

            Brownies kukus Amanda merupakan suatu produk yang berasal dari Bandung yang semula hanya mengandalkan produksi “Brownies Kukus Original’/Chocolate”, sekarang telah memproduksi Brownies kukus dengan rasa yang beraneka ragam guna mengikuti perkembangan pasar dan selera konsumen.

A.  Kekuatan (Strength) dan Kelemahan (Weaknesses) Amanda Brownies.
Analisis kekuatan (streght) dan kelemahan (weakneses) suatu organisasi atau bisnis bertujuan untuk mengidentifikasi factor internal (dalam) yang mempengaruhi keberlangsungan dari bisnis yang dijalankan.
Analisis kekuatan (streght) dan kelemahan (weakneses) Amanda Brownies adalah sebagai berikut:

1.    Strength (Kekuatan)
Strength adalah situasi atau kondisi yang merupakan kekuatan dari organisasi atau program yang bersifat internal.
Kekuatan yang dimiliki toko Amanda Brownies adalah sebagai berikut:
a.       Fasion
Amanda Brownies memiliki fasion yang menarik dab unik sehingga membuat orang – orang ingin merasakan produnya.

b.      Konsistensi dan Inovasi
Amanda Brownies hanya menyediakan satu macam jenis kue yaitu  “Brownies” namun dengan inovasi rasa yang berbeda sehingga akan menjadi ciri khas produk ini dan membuat konsumen lebih tertarik untuk mencoba dan membeli.
c.       Rasa
“Amanda Brownies” mempunyai banyak pilihan rasa dengan harga yang cukup terjangkau bagi kalangan menegah ke  atas.
d.      Lokasi strategis
Lokasi “Amanda Brownies” letaknya sangat strategis sehingga mudah dijangkau oleh konsumen, baik itu dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.
e.       Kemasan
“Amanda Brownies” menggunakan kemasan yang bercorak dan menarik yang berbeda-beda untuk setiap rasa, sehingga menambah nilai “prestigious” dari produk ini.
f.       Delivery Order
Terdapat layanan delivery order sehingga konsumen dari berbagai kota dapat memesan produk ini, namun dengan tambahan biaya pengiriman.

2.    Weaknesses (Kelemahan)
            Weaknesses adalah kegiatan-kegiatan perusahaan yang tidak berjalan dengan baik atau sumber daya yang dibutuhkan oleh perusahaan tetapi tidak dimiliki oleh perusahaan. Kelemahan itu terkadang lebih mudah dilihat daripada sebuah kekuatan, namun ada beberapa hal yang menjadikan kelemahan itu tidak diberikan solusi yang tepat karena tidak memaksimalkan kekuatan yang sudah ada.
Kelemahan yang dimiliki toko Amanda Brownies adalah sebagai berikut:
a.       Produk hanya satu jenis
Produk yang ditawarkan hanya satu jenis, hal ini dapat menjadi kekuatan dari bisnis ini, namun juga dapat menjadikan kelemahan, jika selera konsumen terus berubah, bukan tidak mungkin produk ini akan di tinggalkan dan beralih ke produk lain yang lebih inovasi.
b.     Toko terbatas pada kota besar
“Amanda Brownies” bukan merupakan bisnis waralaba, jadi tidak setiap kota terdapat outlet/toko, cabang “Amanda Brownies” hanya di buka di kota-kota besar.


c.       Masa expired singkat
Brownies ini mempunyai masa expired yang relatif singkat yaitu sekitar 4 hari pada suhu kamar dan maksimum 1 minggu jika disimpan di lemari pendingin (kulkas).
d.  Harga
Harga Brownies yang kurang ekonomis, sehingga yang menikmatinya hanya kalangan menengah keatas.  

B.  Peluang (Opportunity) dan Ancaman (Threat) Amanda Brownies
Analisis peluang (opportunity) dan ancaman (threat) suatu organisasi atau bisnis bertujuan untuk mengidentifikasi factor eksternal/lingkungan yang mempengaruhi keberlangsungan dari bisnis yang dijalankan.

1.    Opportunities (Peluang)
            Opportunity adalah faktor positif yang muncul dari lingkungan dan memberikan kesempatan bagi perusahaan untuk memanfaatkan. Opportunity tidak hanya berupa kebijakan atau peluang dalam hal ini mendapatkan modal berupa uang, akan tetapi bisa juga berupa respon masyarakat atau isu yang diangkat.
Peluang yang dimiliki toko Amanda Brownies adalah sebagai berikut:
a.      Selera
Toko Amanda Brownies memproduksi brownies kukus dengan rasa beraneka ragam, Selain itu inovasi rasa ini juga dimaksudkan untuk membidik/menarik semua segmen pasar Sehingga toko “Amanda Brownies” menjadikan selera masyarakat sebagai peluang untuk mendapatakan lebih banyak profit.
b.    Persaingan
      Melihat dari persaingan peluang bisnis ini akan sangat menjanjikan sekali, hal ini karena saingan untuk usaha ini bisa dikatakan belum banyak.

2.    Threats (Ancaman)
            Threats adalah factor negative dari lingkungan yang memberikan hambatan bagi berkembangnya atau berjalannya sebuah perusahaan.
Ancaman utama yang dihadapi Amanda Brownies berasal dari competitor (pesaing) produk yang sejenis yaitu kue dan ataupun makanan.
Beberapa ancaman tersebut adalah:

a.    Keadaan Tempat
karena Brownies berada di kota – kota besar sehingga setiap tahunnya semakin   banyak pendatang di kota – kota tersebut, hal ini membuat bisnis makanan mempunyai prospek yang kurang baik.
b.      akan banyak pihak lain yang akan meniru usaha kita ini, hal ini tentu akan membuat saingan yang baru bagi kita
c.       Adanya oko-toko kue tradisional yang ada di masyarakat dengan harga yang terjangkau untuk kalangan menengah kebawah.

 

1 komentar: